4 Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Perkembangan bayi usia 1 bulan merupakan hal yang harus diperhatikan dan perlu diawasi dengan baik. Dalam masa ini dibutuhkan peran orang tua untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan untuh tercapainya perkembangan yang maksimal. Namun, terkadang ada beberapa ibu yang belum mengetahui apa saja perkembangan yang akan dialami oleh bayinya dan bagaimana cara mendukung perkembangan tersebut. Sehingga hal ini membuat ibu merasa kerepotan dalam mengurus bayi. Oleh karena itu ada beberapa perkembangan yang akan dialami oleh bayi yang perlu diketahui oleh orang tua bayi terutama ibu. Perkembangan tersebut antara lain :

perkembangan bayi pada usia satu bulan

  • Perkembangan Fisik

Perkembangan bayi usia 1 bulan bisa terlihat dari perubahan fisiknya, antara lain yaitu berat badan, gerakan bayi, kemampuan menyusu, bayi biasanya akan menjadi rewel dan sering bangun pada malam hari, dan saat bayi tidur akan merasakan perbedaan ketika tidur di pangkuan ibu dan di box bayi. Ada banyak perkembangan fisik dari bayi usia 1 bulan yang bisa di amati. Hal ini menjadikan ibu bisa mengantisipasi dan siap memberikan asuhan yang baik untuk bayinya.

  • Perkembangan Motorik

Bayi akan mengalami perkembangan motorik yang sangat baik pada usia 1-4 minggu atau selama 1 bulan pertama. Perkembangan motorik ini berhubungan dengan refleks yang dilakukan bayi terhadap rangsangan yang ditangkap dari lingkungan sekitarnya. Contoh perkembangan motorik bayi yang perlu ibu ketahui yaitu saat Anda mengusap kepala bayi maka bayi akan merespon dengan membuka jari-jari tangannya, kaki bayi mulai digerakan sedikit demi sedikit, bayi lebih sensitif terhadap rangsangan cahaya dan suara sehingga bayi akan menggerakan matanya dan mudah terkejut dengan suara yang mengagetkannya.

  • Perkembangan Sensorik

Perkembangan sensorik bisa dilihat dari perkembangan panca indra bayi. Salah satunya adalah indera penglihatan. Mata bayi yang baru lahir hanya bisa melihat dengan jarak 20-31 cm. Bayi yang sedang menyusu ibunya, mata bayi akan tertuju pada wajah ibunya dan akan merekam dengan baik wajah ibunya. Perkembangan sensorik ini meliputi kelima panca indera yang dimiliki bayi dan merupakan hal yang bisa diamati dalam perkembangan bayi usia 1 bulan.

  • Perkembangan Emosi

Bayi kadang menjadi merasa senang dan kadang menjadi sangat rewel, hal ini berhubungan dengan perkembangan emosi bayi. Bayi akan lebih sering tersenyum ketika Anda atau orang tuanya berada di dekatnya, dan bayi juga akan merasa sedih ketika ibu atau ayahnya merasa sedih. Untuk bisa melatih kedekatan batin antara orang tua dan bayi, maka bisa dilakukan dengan kontak langsung atau diberikan sentuhan seperti pijatan kepada bayi. Anda bisa menggunakan minyak telon dari Zwitsal yang bisa menghangatkan tubuh bayi. Namun, hal ini secara tidak langsung akan membentuk perkembangan emosi menjadi lebih baik pada perkembangan bayi usia 1 bulan.

referensi artikel http://www.zwitsal.co.id/bayi/perkembangan-bayi-usia-1-bulan/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s